Posted by : Masdad Al-Falucky Senin, 10 Februari 2014

Pada Tips tentang Microsoft Excel kali ini kita akan belajar bersama tentang cara membuat nomor otomatis pada Excel. Nomor otomatis yg saya maksudkan disini adalah nomor urut yg otomatis ditampilkan jika baris data di isi tapi jika baris data kosong maka nomor urut tidak akan ditampilkan, kurang lebihnya seperti contoh pada gambar dibawah ini:


Untuk membuat nomor otomatis pada excel kita akan belajar menggunakan dua cara yaitu:

  1. Membuat Nomor Otomatis Berdasarkan Data
  2. Membuat Nomor Otomatis Berdasarkan Baris

Untuk menggunakan kedua cara diatas kita akan menggunakan fungsi IF, Jika ada yang belum paham tentang cara menggunakan fungsi IF bisa terlebih dahulu mempelajari artikel cara menggunakan fungsi logika di Microsoft Excel.

1. Membuat Nomor Otomatis Berdasarkan Data
Maksud dari membuat nomor otomatis berdasarkan data adalah ketika baris data di isi teks dsb maka pada baris nomor akan menampilkan nomor urut sesuai urutan data yang telah dimasukkan, contohnya seperti gambar berikut ini:

Membuat nomor otomatis pada excel

Keterangan:
Nomor otomatis ditampilkan berdasarkan data yang telah diisikan seperti pada cell A9 menampilkan angka 4 karena pada baris data (kolom B) yang ada isinya baru 4 baris. Jika misalnya pada B8 di isi data maka otomatis angka 4 bergeser ke cell A8 sedangkan pada A9 menjadi 5.

Untuk menampilkan nomor urut otomatis gunakan rumus berikut ini:
Pada Cell A2 rumusnya =IF(B2="";"";1)
Pada Cell A3 rumusnya =IF(B3="";"";MAX($A$2)+1)
Pada Cell A4 rumusnya =IF(B4="";"";MAX($A$2:A3)+1)
untuk cell baris selanjutnya (cell A5 kebawah) tinggal copykan rumus pada cell A4 yaitu dengan cara klik pada cell A4 kemudian tarik ke bawah pada bagian pojok cell A4.

2. Membuat Nomor Otomatis Berdasarkan Baris.
Maksud dari membuat nomor berdasarkan baris adalah nomor otomatis akan tampil pada kolom nomor jika kolom data di isi teks dsb berdasarkan barisnya. Misalnya sebagai baris awal atau 0 adalah A1 maka ketika B2 di isi data maka A2 menampilkan angka 1, dan jika yang di isi data adalah cell B9 maka pada cell A9 menampilkan angka delapan karena cell A9 berada pada baris ke 8 jika dihitung dari baris awal yakni A1. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini:
Cara membuat nomor otomatis pada Excel
untuk menampilkan nomor urut otomatis berdasarkan baris seperi diatas gunakan rumus berikut ini:
Pada Cell A2 rumusnya: =IF(B2="";"";ROW()-ROW($A$1))
Pada Cell A3 rumusnya: =IF(B3="";"";ROW()-ROW($A$1))
Pada Cell A4 rumusnya: =IF(B4="";"";ROW()-ROW($A$1))
untuk cell baris selanjutnya (cell A5 kebawah) tinggal copykan rumus pada cell A4 yaitu dengan cara klik pada cell A4 kemudian tarik ke bawah pada bagian pojok cell A4.

Demikian cara membuat nomor otomatis pada Excel, untuk lebih memudahkan belajar saya sertakan contoh file yang bisa didownload disini. Semoga Bermanfaat...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -