Posted by : Masdad Al-Falucky Minggu, 17 Februari 2013

Akhir-akhir ini Kita sering mendengar berita-berita tentang Redenominasi Rupiah, karena memang saat ini Pemerintah kita sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan redenominasi rupiah ini, bahkan sampai ke desa-desa, meski kayaknya belum sampai ke desaku karena kemarin pas nanya-nanya ke tetangga gak ada satupun yang tahu (maklum wonk deso hehehe).

Apa sih pengertian dari Redenominasi Rupiah? 
Pengertian dari Redenominasi Rupiah adalah menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1, jadi nanti umpama kita beli makanan yang biasanya harganya Rp 1.000 kita cukup membayar dengan uang Rp 1.

Redenominasi Rupiah

Terus Apa tujuan Pemerintah melakukan Redenominasi Rupiah?
Tujuannya untuk menyederhanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakuan transaksi serta mempersiapkan kesetaraan ekonomi Indonesia dengan negara regional.

Kapan Redenominasi rupiah ini akan mulai diberlakukan?
Pemerintah mentargetkan tahun ini (2013) akan mulai diberlakukan masa transisi redenominasi rupiah ini, selama masa transisi ini akan digunakan 2 (dua) jenis mata uang yaitu uang rupiah lama dan uang rupiah baru.
Berikut jadwal selengkapnya:
- Tahun 2011 - 2012 : Sosialisasi.
- Tahun 2013 - 2015 : Masa Transisi.
- Tahun 2016 - 2018 : Penarikan uang Rupiah lama.
- Tahun 2019 - 2022 : Tulisan baru pada Rupiah baru dihapus.

Begitulah pengertian dari Redenominasi Rupiah ini, sebagai warga negara yang baik mari kita dukung program Pemerintah ini dan kalau perlu membantu pemerintah mensosialisasikan program ini, Maju terus Indonesiaku !!!

Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Thanks Info Gan .
    Ternyata seperti itu toh Redenominasi rupiah

    Visit Back,

    Pc4dl.blogspot.com

    BalasHapus

Parnert

Diberdayakan oleh Blogger.

Exchange

Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -