Posted by : Masdad Al-Falucky Minggu, 17 Februari 2013

Dalam penggunaan Program Microsoft Excel, Pasti tidak lepas dari penggunaan rumus/formula karena Microsoft Excel memang dirancang untuk pengolahan data. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai rumus-rumus standar dalam excel. Rumus Standar yang kami maksud adalah rumus-rumus yang paling sering digunakan karena memang merupakan rumus-rumus dasar yang wajib dikuasai, diantaranya:

Berikut penjelasan mengenai rumus-rumus standar selengkapnya:
1. Rumus Penjumlahan.
Rumus Penjumlahan adalah rumus yang bisa dikatakan paling sering digunakan dalam pengolahan data diprogram Microsoft Excel. Dalam penggunaan rumus penjumlahan kita punya dua pilihan, bisa menggunakan Operator (+) atau menggunakan Fungsi SUM.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 100 dan pada sel B2 masukkan angka 150, kemudian pada sel C2 masukkan rumus = A2+B2 kemudian ENTER. maka hasilnya adalah 250. Sekarang coba ganti rumus pada sel C2 menjadi seperti ini =SUM(A2:B2) kemudian ENTER, maka hasilnya akan sama 250.


Mungkin dalam hati Anda ada yang bertanya: "Lebih baik pakai formula SUM atau '+'?" Sebenarnya dua-duanya sama-sama baik, penggunaan operator (+) tentu akan mudah di ingat terutama bagi pemula yang baru menggunakan program Microsoft Excel tapi kelemahannya jika jumlah data yang harus di jumlah terlalu banyak misal A1-A100 maka rumusnya akan terlalu panjang seperti A1+A2+A3... sampai +A100, beda dengan penggunaan formula SUM, kita cukup menuliskan rumus =SUM(A1:A100), lebih sedikit penulisan rumusnya dan tentunya akan menghemat waktu. 

2. Rumus Pengurangan.
Selain Rumus penjumlahan, rumus yang paling banyak digunakan lainnya adalah rumus pengurangan.
Cara menggunakan rumus pengurangan Kita bisa menggunakan operator (-).
contohnya pada sel A2 masukkan angka 150 dan pada sel B2 masukkan angka 100, kemudian pada sel C2 masukkan rumus = A2-B2 kemudian ENTER hasilnya 50.


3. Rumus Perkalian.
Ada 2 cara dalam menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel, pertama menggunakan operator (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT.
Contoh: pada sel A2 masukkan angka 25 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C2 masukkan rumus = A2*B2 kemudian ENTER hasilnya 125.
Sekarang coba rubah rumus pada C2 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya akan sama 125.


4. Rumus Pembagian.
Untuk melakukan pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator (/)
Contohnya: pada sel A2 masukkan angka 125 dan pada sel B2 masukkan angka 5, kemudian pada sel C2 masukkan rumus = A2/B2 kemudian ENTER hasilnya 25.


5. Rumus Rata-Rata.
Untuk mengetahui jumlah rata-rata dengan MIcrosoft Excel caranya sangat mudah yakni dengan menggunakan formula AVERAGE
Contohnya seperti gambar dibawah ini:


Itulah rumus-rumus yang sering digunakan dalam penggunaan program Microsoft Excel, jika ada yang masih belum dipahami jangan malu untuk bertanya, silahkan lewat komentar.

Comments
26 Comments

{ 26 komentar... read them below or Comment }

  1. mantap,,, artikelnya.... lanjut gan,,

    BalasHapus
  2. trima kasih mas bro

    BalasHapus
  3. kenapa hasilnya value ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agan salah dalam penulisan rumus'y coba di cek kembali. dan silahkan baca artikel ini
      Penanganan Pesan Kesalahan (Error) Pada Excel
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. ALHAMDULILLAH
    jadi tau deh

    BalasHapus
  5. Gan kalo misalnya saya ingin memasukkan setiap kolom yang saya isi selalu dikali 2700, itu bisa gak gan?

    BalasHapus
  6. thx gan atas infonya.pelajran aku dulu waktu pertama kursus komputer,tp krn nggk pernah dipake dlm kehidupan sehari2 jd lupa deh.Skrg baca blog agan jd inget lg.

    BalasHapus
  7. mas mohon bantuannya, saya ada problem dalam menjumlahkan angka pada kolom yang berbeda tapi memiliki baris yang sama A2:I2
    contoh:
    I II III
    1 2 3 4 5 6 7 8 9

    I=1+2+3 atau =sum(a2:c2)
    II=4+5+6 atau =sum(d2:f2)
    III=7+8+9 atau sum(g2:i2)
    saya sudah mencobanya dengan mengisi ulang setiap kolom dengan fungsi sum terlalu lama mas karena saya punya cell yang banyak. caara kedua saya merge&centre kan problemnya klo saya buat perubahan-perubahan pada cell saya perlu menambha cell nya lagi agar bisa di merge&center,, mohon bantuannya

    BalasHapus
  8. mas mohon bantuannya, saya ada problem dalam menjumlahkan angka pada kolom yang berbeda tapi memiliki baris yang sama A2:I2
    contoh:
    I II III
    1 2 3 4 5 6 7 8 9

    I=1+2+3 atau =sum(a2:c2)
    II=4+5+6 atau =sum(d2:f2)
    III=7+8+9 atau sum(g2:i2)
    saya sudah mencobanya dengan mengisi ulang setiap kolom dengan fungsi sum terlalu lama mas karena saya punya cell yang banyak. caara kedua saya merge&centre kan problemnya klo saya buat perubahan-perubahan pada cell saya perlu menambha cell nya lagi agar bisa di merge&center,, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih kurang faham gan dengan pertanyaaanya, tapi kalo memang pilihannya pake SUM, biar cepat rumusnya di dragdrop saja biar gak capex ngetik rumus'y.

      Hapus
  9. GAN ANE MU NANYA UDA PUSING NIH MOHON DI BANTU GIMANA CARANYA NGENTRY DATA MISAL 580483 JADI 180483

    BalasHapus
  10. bagamana cara uplod ke sosmed gan,kan formatnya msh excel?

    BalasHapus
  11. gan saya mau nanya.
    misal dalam kolom A1=50 dan B1= 150,22
    rumus operasi untuk A1-B1 agar hasilnya minus gmna?
    soalnya kalo di Enter langsung #VALUE

    tolong bantuanya gan

    BalasHapus
  12. gimana caranya pengurangan yang diblok dlu gt?
    kayak yang tambahkan bisa tuh tgl blok aja langsung kejumlah tp ini pengurangan?

    BalasHapus
  13. Informasi yg bermanfaat bagi pengguna Excel, salam kenal...

    BalasHapus
  14. maaf mas bro kalo untuk neraca sederhana debet kredit saldo, supaya saldo tertambah dengan debet berikutnya dan terkurang dengan kredit hasilnya masuk ke saldo bagaimana rumusnya ya. tegkyu

    BalasHapus
  15. program excel memang jos, formula standar dan sederhana begitu kalau dipahami dengan baik bisa sangat membantu pekerjaan sehari hari.

    BalasHapus
  16. Ini rumus dasar operasi matematika dalam excel, kalau dipahami dengan baik bisa sangat membantu pekerjaan sehari hari. Saya juga sedang belajar excel. moga moga bisa cepat paham

    BalasHapus
  17. gimana caranya nyari rata-rata kalo ada pertanyaan kayak gini carilah nilai rata-rata dengan dibulatkan 0 dibelakang koma

    BalasHapus

Parnert

Diberdayakan oleh Blogger.

Exchange

Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -