Posted by : Masdad Al-Falucky Minggu, 16 Februari 2014

     Aktifitas seorang Blogger pasti tidak lepas dari yang namanya membuat Artikel atau postingan, baik artikel yang hanya terdiri dari beberapa baris kata maupun yang sampai puluhan bahkan ratusan baris sesuai dengan bahasan yang sedang dibuat dalam artikel tersebut. Seperti kita ketahui bersama layanan blogger pada blogspot adalah free atau gratis jadi bisa saja sewaktu-waktu layanan ini diberhentikan oleh Google selaku pemiliknya. Selain itu blog yang kita kelola juga bisa saja di hapus oleh Google jika ternyata melanggar TOS entah karena kita sengaja melanggar ataupun tidak sengaja.
     Seiring perjalanan waktu postingan di blogpun akan semakin banyak bahkan bisa sampai ribuan postingan, kebayang bagaimana jika blog yang kita kelola dengan ribuan postingan dihapus oleh Google dan kita harus mulai lagi membuat postingan satu demi satu lagi  dari awal, pasti sangat melelahkan dan belum tentu juga kita ingat semua postingan yang telah kita buat, untuk itu membackup postingan adalah langkah yang paling mudah utuk mengamankan postingan yang kita buat. Selain alasan blog terhapus, ada juga alasan lain mengapa membackup postingan blog sangat penting, diantaranya:

- Memindahkan postingan ke blog yg baru (sesama blogspot maupun ke Wordpress)
- Jaga-jaga jika blog kena Hack.
- Blog Error karena salah pasang script.
- Artikel atau postingan tanpa sengaja terhapus.
- dan mungkin masih banyak alasan lagi yang lainnya.

OK langsung saja, berikut langkah-langkah Backup Postingan di Blogspot, untuk tutorial kali ini menggunakan Blogger versi Bahasa Indonesia, untuk yang menggunakan bahasa yang lain silahkan disesuaikan:

  1. Login ke Akun Blogger dan Pilih Blog mana yang ingin dibackup.
  2. Pada Dasbor Blogger, Pilih Setelan » Lainnya. kemudian klik Ekspor blog.

  3. Cara Backup Postingan di Blogspot

  4. Akan tampil jendela berikut, klik Unduh Blog untuk memulai mengunduh semua postingan dan laman blog.

  5. Cara Backup Postingan di Blogspot

  6. Ukuran File Backup tergantung dari berapa banyak postingan yang ada blog, Jika proses download sudah selesai, silahkan buka folder Download dan lihat disitu akan ada file backup blogspot berupa file xml. Silahkan simpan baik-baik ditempat yang anda inginkan.

  7. Cara Backup Postingan di Blogspot

Begitulah langkah-langkah untuk Membackup postingan di blog. Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengimport postingan ke blog yang baru sesama blogspot. Berikut langkah-langkah-langkahnya:

  1. Login ke Akun Blogger.
  2. Pada Dasbor Blogger, Pilih Setelan » Lainnya. kemudian klik Impor blog

  3. Cara Backup Postingan di Blogspot

  4. Maka akan tampil jendela berikut:

  5. Cara Backup Postingan di Blogspot

  6. Pilih File Backup yang ingin di Impor, Ketik teks Chapta sesuai gambar yg ditampilkan.
  7. Pada pilihan Publikasikan semua pos jika di centang maka semua postingan dan laman yang di impor akan langsung di publish, jika tidak di centang postingan hasil impor akan disimpan sebagai draft pada folder impor.
  8. Klik Impor Blog untuk memulai mengimpor semua postingan dan laman blog.

Kira-kira begitulah cara membackup/ekspor dan mengimpor postingan di blogspot, semoga bermanfaat...

Comments
1 Comments

{ 1 komentar... read them below or add one }

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -