Posted by : Masdad Al-Falucky Senin, 11 Maret 2013

Pada tips dan trik internet kali ini, kami akan memberikan tips yang mungkin sudah banyak yang tahu, meski begitu gak ada salahnya diposting lagi sekedar untuk mengingatkan kembali. Seperti kita ketahui Google adalah mesin pencari yang paling sering digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan artikel-artikel yang ingin dicari. Untuk menemukan sesuatu yang kita cari tentu kita harus menggunakan kata kunci yang tepat, Nah bagaimana kata kunci untuk mencari file tertentu dengan google?? Misal kita hanya ingin mencari file word, excel, pdf , 3gp, flv, jpg dll.
Untuk mencari file tertentu dengan google caranya sangat-sangat mudah, buka website google ketikkan kata yang ingin dicari dan tambahkan teks 'filetype: jenis file'.

Contoh 1: Mencari tutorial photoshop berupa file word, pada pencarian google ketikkan tutorial photoshop filetype:doc hasilnya seperti gambar dibawah ini:

tutorial photoshop

Contoh 2: Mencari tutorial photoshop berupa file pdf, pada pencarian google ketikkan tutorial photoshop filetype:pdf hasilnya seperti gambar dibawah ini:
tutorial photoshop
Contoh 3: Mencari menghitung zakat berupa file excel, pada pencarian google ketikkan menghitung zakat filetype:xls hasilnya seperti gambar dibawah ini:
menghitung zakat
Contoh 4: Mencari video JKT48 - Aitakatta dengan fomat 3gp, pada pencarian google ketikkan jkt48 - aitakatta filetype:3gp hasilnya seperti gambar dibawah ini:
jkt48 - aitakatta
Contoh 5: Mencari video ceramah aa gym dengan fomat FLV, pada pencarian google ketikkan ceramah aa gym filetype:3gp hasilnya seperti gambar dibawah ini:
ceramah aa gym
Begitulah contoh dan cara mencari file tertentu dengan google, untuk mencari jenis/type file yang lain silahkan dicoba sendiri, selamat mencoba...

Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. wah manteb gan...
    makasih udah ngeshare...

    BalasHapus
  2. gw baru tau cara ini :D . singkat banget. bermanfaat. makasih sharenya.

    BalasHapus

Parnert

Diberdayakan oleh Blogger.

Exchange

Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -