Posted by : Masdad Al-Falucky Rabu, 20 Maret 2013

  Perkembangan internet yang semakin mudah di jangkau di Indonesia, mulai dari kota besar sampai ke pelosok desa, membuat cara komunikasi semakin beragam. Jika dulu kita hanya menggunakan dua cara komunikasi yakni Telpon dan SMS saja, sekarang sudah banyak yang berpindah dan memilih alternatif lain yakni dengan memanfaatkan internet seperti pakai Facebook, Twitter dan Aplikasi-Aplikasi Chating.
  Seperti kita ketahui BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi pengirim pesan instan atau chat yang tersedia di perangkat BlackBerry, sayangnya BBM ini hanya bisa digunakan untuk sesama pengguna BlackBerry. Nah untuk kamu yang tidak punya BlackBerry ataupun bagi kamu pengguna BlackBerry yang ingin mencoba aplikasi chat yang lain yang fiturnya mirip-mirip dengan BBM, kamu bisa menggunakan alternatif aplikasi chat berikut ini:

  1. WhatsApp
  2. WeChat
  3. Line
  4. KakaoTalk
  5. QUTE Messenger

1. WhatsApp
cara menggunakan Aplikasi whatsapp
WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

  Pada awalnya, WhatsApp dibuat hanya untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp sekarang tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian.

Untuk menggunakan aplikasi WhatsApp kamu harus menginstall WhatsApp dengan cara sebagai berikut:
  1. Download aplikasi tersebut dari websitenya.
  2. Install aplikasi tersebut ke smartphone.
  3. Daftarkan nomor telepon kamu tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena WhatsApp menggunakan nomor telepon kamu untuk mendaftar kamu dalam databasenya.
  4. Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan kamu untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah kamu mengkonfirmasi nomor telepon kamu, kamu siap untuk menggunakannya.
  5. Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukkan siapa-siapa saja yang sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah masuk ke daftar, tekan pada tab contact. Mereka yang menggunakan WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka
  6. Mulailah perbincangan dengan teman-teman kamu yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik nama tersebut.
  7. Kamu dapat juga mengundang teman kamu untuk menggunakan WhatsApp aplikasi dengan menggunakan “Invite Friends”
Perbedaan Whatsapp dengan BlackBerry Messenger adalah jika BBM menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, no hp teman kamu yang diperlukan. Menariknya, kamu tidak perlu menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Cukup isi daftar Phonebook kamu dengan teman kamu beserta no hp nya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol refresh di option saat berada di daftar teman (+). Nah, apabila teman kamu terdaftar menggunakan no HP tersebut, WhatsApp akan mencarinya sendiri dan menampilkan teman kamu langsung di daftar panggilan. Saat pertama kali menginstallnya, kamu akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis. WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server.


2. WeChat
cara menggunakan Aplikasi WeChat
WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks ponsel yang dikembangkan oleh Tencent di Cina. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa OS, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. Bahasa yang didukung termasuk Bahasa Inggris, Cina tradisional/disederhanakan, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia. WeChat didukung pada Wi-Fi, 3G, dan data 4G jaringan.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini: 
  • Cross platform, diperkaya dengan fitur pengiriman teks, pesan suara, gambar, video, data lokasi, dan lain-lain. 
  • Mendukung video call dengan format HD. 
  • Kerahasiaan riwayat pesan aman dan dapat diakses secara offline. 
  • Memiliki social network sendiri yang ditunjang dengan fasilitas photo sharing. 
  • Cara menambah kontak yang unik, antara lain menggoyangkan ponsel, melakukan proses scan pada QR code, sinkronisasi dengan daftar kontak, dhare ID, atau dapat juga dengan cara memanfaatkan layanan berbasis lokasi. 
  • Registrasi yang dapat dilakukan dengan cepat. 
  • Aplikasi ini mendukung proses chat melalui WeChat via PC. 
  • Mendukung 18 bahasa yang berbeda. Dihiasi oleh berbagai emoticon. 
  • Mendukung proses sinkronisasi foto menggunakan Twitter 
  • 100% Bebas iklan.
Untuk mendownload Aplikasi WeChat, silahkan kunjungi websitenya.

3. Line
cara menggunakan Aplikasi Line
Aplikasi instant messaging (IM) bernama Line, di dirilis pada Juni 2011 dan telah diunduh setidaknya 20 juta kali dengan pengguna lebih dari 30 juta. Hampir sama seperti WhatsApp, Line menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya untuk saling berhubungan. Line saat ini tersedia untuk iOS dan Android, dan bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play, selain itu aplikasi Line juga tersedia untuk PC.
Jika dibandingkan dengan aplikasi populer WhatsApp, Line memang memiliki beberapa keunggulan diantaranya:
  1. Line memberikan layanan free call. Ini adalah layanan telepon tanpa menggunakan pulsa, melainkan dengan koneksi data internet. Line akan menghubungkan panggilan ke server mereka.
  2. Grup yang dibentuk dalam aplikasi Line bisa menampung 100 anggota. Sementara WhatsApp maksimal hanya 11 orang.
 Sedangkan yang membuat Line berbeda dari aplikasi IM lainnya  adalah emoticon yang bervariasi. Ada emoji yang menggambarkan kepala dengan bermacam ekspresi, lalu Emoticons berupa susunan karakter teks yang juga membentuk ekspresi, serta ada Stickers. Nah, Stickers inilah yang cukup unik untuk Line, karena gambar ikonnya lucu-lucu, berukuran besar dan lebih ekspresif. Selain itu, Line juga menyediakan layanan untuk memblokir seorang teman yang ada di kontak.
  Perusahaan asal Jepang yang mengembangkan aplikasi ini yakni naver, juga melengkapi Line dengan beberapa aplikasi tambahan, yakni Line Camera dan Line Card untuk kartu ucapan. Keduanya sudah tersedia untuk iOS dan Android.

  Untuk dapat menggunakan Line, kamu harus melewati beberapa tahap sebagai berikut :
  1. Mendownload aplikasi dari website Line atau melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App World, Google Play, iTunes.
  2. Instal aplikasi yang telah di download.
  3. Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID Line kamu, akan dikirim SMS melalui nomor Handphone kamu.
  4. Selanjutnya kode aktivasi dapat kamu masukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi Line.
  5. Line segera aktif dan mendata kontak di phonebook kamu yang menggunakan aplikasi Line dan sekaligus menjadi teman kamu.
  6. Untuk memulai chat dengan teman kamu, tinggal klik pada nama di tab friends kamu.
  7. Kamu dapat melakukan pengaturan Line tab setting sesuai dengan keinginan kamu, mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil kamu. Pengaturan terdiri dari dua yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.
  8. Kamu juga dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan nama ID pengguna.

4. KakaoTalk
cara menggunakan Aplikasi KakaoTalk
KakaoTalk adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang
tersedia bagi pengguna smartphone. KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan pesan tersebut. KakaoTalk juga dilengkapi dengan fitur file sharing, group chat, dan fitur - fitur lainnya.
KakaoTalk dapat digunakan oleh pengguna Android, iPhone, iPod Touch, iPad, dan BlackBerry. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna Android, iPhone, dan BlackBerry dapat saling berkomunikasi satu sama lain, dan bahkan dapat berkomunikasi dengan pengguna iPad dan iPod Touch secara gratis. Walaupun begitu, aplikasi KakaoTalk ini hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna KakaoTalk. KakaoTalk menggunakan nomor telepon serta ID yang dapat diatur pada awal penggunaan untuk berinteraksi. 

Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh KakaoTalk:
  1. Group call yang dapat menampung 3-5 teman pada saat yang sama untuk berpartisipasi. Kamu juga dapat melihat apakah temanmu sedang mendapat telepon, mengakhiri telepon melalui layar Group Call. Jika sudah keluar dari Group Call dan ingin bergabung lagi bisa menggunakan fungsi Re-enter.
  2. Gratis menelpon teman mana saja yang menggunakan KakaoTalk, bisa juga sambil menggunakan. Free Call bisa diakses dengan menekan tombol Free Call ketika chat.
  3. KakaoTalk memiliki 12 bahasa yang dapat digunakan yaitu Inggris, Spanyol, Jepang, Thailand, Indonesia, Jerman, Perancis, Italia, Portugis, Turki, Mandarin tradisional, Mandarin sederhana, dan Korea.
  4. Bisa Menemukan teman menggunakan nama temanmu dengan mencari nama mereka di menu Friends.
  5. Bisa Mendaftarkan teman favoritmu sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan mereka di menu Friends.
  6. Tersedia Group Chatting jadi tidak satu teman saja, tetapi dengan group chat bisa memberikan kamu fasilitas untuk membuat group yang bisa kamu isi dengan jumlah teman yang tidak terbatas.
  7. Berbagi bermacam multimedia ketika chatting. Cepat dan mudah untuk berbagi foto, video , pesan suara dan kontak.
  8. Otomatis akan menambahkan kontak teman chat Kamu tanpa perlu mendaftarkan teman chatmu sendiri karena KakaoTalk akan menemukan dan mendaftarkan mereka secara otomatis menggunakan nomor telepon di kontak kamu.
  9. Menemukan Teman menggunakan ID KakaoTalk.
  10. Menambah Teman sambil Chatting: Kamu juga dapat menambah teman ke Friend List sambil group chatting. Dan beberapa fitur menarik lainnya, Silahkan dicoba sendiri.
Untuk mendownload Aplikasi KakaoTalk, silahkan kunjungi websitenya.

5. QUTE Messenger
cara menggunakan Aplikasi QUTE

Aplikasi Chat Gratis Alternatif BBM yang terakhir adalah QUTE Messenger. Aplikasi QUTE Messenger ini tersedia untuk IPhone, Android, Blackberry, Symbian dan juga versi Java.

Berikut fitur-fitur yang ada pada QUTE Messenger:
  1. Backup kontak phonebook dan SMS secara online, jadi kita tidak perlu khawatir lagi sms atau kontak kita hilang.
  2. Terdapat tab untuk sms chat, jadi kita bisa smsan sambil chat ala BBM, (tab bersampingan)
  3. Tampilan sms chat dan chat internet interfacenya keren abis.
  4. Bisa kirim gambar, voice dll
  5.  Otomatis berjalan dengan system
  6. Ada feature Vcardnya, ini berfungsi jika kita ingin update foto kita dll dan akan tampil di semua orang yang menyimpan kontak qute kita
  7. No pin required, no id or password required. Jadi tinggal add nomor orang yang memakai qute di phonebook kita, otomatis qute akan membacanya, jika orang tersebut pemakai qute maka akan ada indikator Q di contact list name orang tersebut dan bisa langsung chat dengannya
  8. Ada indikator pesan terkirim, diserahkan, dibaca dan gagal
  9. Bisa me-manage phonebook langsung di qute, selain berguna untuk sms juga bisa untuk telpon.
  10. Desktop intergrated, jadi jika kita dial number di walpaper hp kita, maka akan ada jendela tambahan dari qute yang menunjukkan kontak2 terpilih.
  11. Sangat ramah RAM, jadi aplikasi ini tidak bikin ngeheng walau kita buka banyak aplikasi sekaligus.
  12. Bisa setting jam online, jadi bisa otomatis online dari jam sekian hingga jam sekian. Dan Fitur-fitur menarik lainnya.
Untuk dapat menggunakan Aplikasi QUTE Messenger ini, silahkan download di website resminya.

Itulah 5 Aplikasi Chat Gratis Alternatif BBM, Semoga bermanfaat...

Comments
28 Comments

{ 28 komentar... read them below or Comment }

  1. mantap..
    langsung mau cari dan download

    BalasHapus
  2. ea klo samsung champ bisa gak

    BalasHapus
  3. ea klo samsung champ bisa gak

    BalasHapus
  4. ea klo samsung champ bisa gak

    BalasHapus
  5. BAGAS ULTRAMAN TIGA , REDO ULTRAMAN AGUL , JAPHIN ULTRAMAN DARK FAUST , APIT ULTRAMAN DARK ZAGI , RIO ULTRAMAN MAX , REVA ULTRAMAN COSMOS

    BalasHapus
  6. wesss,, keren-keren nie app cht skg.....

    BalasHapus
  7. q dwonload qute chat tpi ko sulit untuk verivikasi nmr hpku mhon bantuannya hp q nokia n73 blz dong please di 082395093834

    BalasHapus
  8. gimana dapatin qq id pada wechat?

    BalasHapus
  9. kalau di hp nokia c101 bisa tidak main wechat pak?

    BalasHapus
  10. kalau di hp cina wechat bisa di instal tidak pak?

    BalasHapus
  11. kalau hp samsung bisa tidak c3312 bisa tidak?caranya gimana?

    BalasHapus
  12. di hp samsung c6625 bisa download wechat tidak pak?

    BalasHapus
  13. pak masalahnya ini sehari verification code kan langsung di suruh tentukan nickname tapi untuk next unsuccesfull terus.kenapa tuh pak?

    BalasHapus
  14. bb monza bisa tidak buat video call lewat wechat pak?

    BalasHapus
  15. sayangx e63 tidak bsa kakautalk

    BalasHapus
  16. sruput..........mantap gan......trimz ah.....

    BalasHapus
  17. sruput..........mantap gan......trimz ah.....

    BalasHapus
  18. Katanya bakalan muncul yang aplikasi chat dari Indonesia yang mirip dengan whatsapp..tapi bener ga bisa secanggih wa ya? ada yang tau namanya apa? saya lupa :D

    BalasHapus
  19. Klo kt w cuman 2 doank yg bagus ,
    1. WhatsApp
    2. WeChat

    BalasHapus
  20. Add mas.., WeChat ( brothers_378 )
    WhatsApp ( +62 857-7287-3510 ).
    Jgn lupa di Add yh mas

    BalasHapus
  21. paling keren whatsapp menurut ane....

    BalasHapus
  22. Yang Qute gmana daftarnya... Kalo bsa krim kesini +6282380834382

    BalasHapus

Parnert

Diberdayakan oleh Blogger.

Exchange

Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -