Posted by : Masdad Al-Falucky Senin, 11 Februari 2013

Museum Masjid Agung Demak
Museum Situs Masjid Agung Demak kini sudah tertata apik. Pun, sebanyak 60 koleksi yang berada di dalam bangunan senilai Rp 1,1 miliar tersebut ditambah sejumlah situs di sekitarnya dapat menjadi referensi masyarakat yang berniat mendalami sejarah perkembangan Islam di Pulau Jawa.
Ketua Umum Takmir Masjid Agung Demak Drs KH Mohammad Asyiq menjelaskan, benda bersejarah yang disimpan dalam museum sebagian besar merupakan peninggalan Walisanga dan Sultan Fatah.
Bukti kebesaran mereka di masa Kesultanan Demak Bintoro masih tersimpan hingga sekarang. Di antaranya saka peninggalan Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Ampel, dan Sunan Gunung Jati, pintu bledheg peninggalan Ki Ageng Selo, gentong Kong dan piring keramik milik Putri Campa, bedug, kentongan juga Al Quran tulisan tangan Sunan Kalijaga.
"Melihat benda-benda artefak termasuk situs yang ada di sekitarnya, menjadikan Museum Masjid Agung Demak tergolong museum situs. Artinya museum Masjid Agung Demak lebih tinggi satu level dibandingkan museum lain yang hanya menyimpan benda bersejarah. Soalnya di sekitar museum Masji Agung Demak yang juga cagar budaya nasional, terdapat situs yang masih asli berada di tempatnya sejak pertama kali dibuat," terang HM Asyiq, didampingi segenap pengurus Takmir Masjid Agung Demak.
Situs yang dimaksud antara lain delapan tiang utama penyangga bagian serambi Masjid Agung Demak yang dibuat pada masa Kerajaan Majapahit. Lebih tepatnya adalah hadiah Prabu Brawijaya V Raden Kertabumi, yang tak lain adalah ayahanda Raden Fatah, yang kemudian dinobatkan sebagai Raja I Kesultanan Demak Bintoro dengan gelar Sultan Fatah Al Akbar Sayidin Pranotogomo.
Selain itu juga Masjid Agung Demak itu sendiri yang dibangun oleh Walisanga dan Sultan Fatah pada abad XV, serta makam raja-raja Kesultanan Demak Bintoro yang berada di kawasan belakang Masjid Agung Demak.
Lebih lanjut disampaikan, masyarakat atau pengunjung tidak akan ditarik retribusi saat berkunjung ke Museum Situs Masjid Agung Demak. Sedangkan untuk pemeliharaan, akan menggunkan anggaran bantuan dari APBD serta BKM Kabupaten Demak.
____________________________
Sumber: PemKab. Demak

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -