Posted by : Masdad Al-Falucky Senin, 31 Desember 2012



Makna Lambang Kab.Demak



Arti Logo :
Bentuk Lambang daerah Kabupaten Demak berupa perisai yang berbentuk dasar segitiga lengkung melambangkan pertahanan dan keamanan lahir dan batin.

Makna Lambang :
Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Kabupaten Demak tanggal 17 Agustus 1972 tentang Lambang Daerah Kabupaten Demak yang mengartikan makna motif-motif di dalam lambang dan pengapitnya sebagai berikut :

Lukisan bintang persegilima warna kuning emas: Melambangkan hasrat masyarakat Demak untuk mengamalkan Pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dasar biru dan kuning: Menunjukkan geografis daerah Kabupaten Demak adalah daerah pantai dan rawa, yang mana setiap tahun waktu musim penghujan terlalu banyak air dan musim kemarau sangat kekurangan air.
Masjid: Menunjukkan arti kebesaran Masjid Agung Demak sebagai hasil kebudayaan khas Demak.
Ruang masjid berjumlah 9 (sembilan): Melambangkan tempat musyawarah Walisongo. 
Beringin: melambangkan keadilan dan kebenaran serta penyayang.
Tombak berdiri tegak lurus: Melintas ke atas di tengah ruang masjid yang mengandung arti kepahlawanan revolusi 1945 melawan penjajahan.
Empat garis bergelombang laut berwarna biru: Menunjukkan bahwa Demak memiliki potensi hasil laut; Perahu layar mengandung arti kepahlawanan armada pimpinan Adi Pati Unus.
Padi dan kapas: Menunjukkan arti potensi bahan baku sandang dan pangan; Jumlah butir padi 17, kapas 8, gelombang laut 4 di setiap 5 garis putih, hal tersebut menunjukkan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Comments
1 Comments

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Thanks infonya, lagi ada tugas nih dari Guru buat nyari arti lambang Kota Demak.

    BalasHapus

Parnert

Diberdayakan oleh Blogger.

Exchange

Flag Counter Blog Exist Online
TopBlogIndonesia.com Page Ranking Tool

- Copyright © Exist Online - Rumus Excel | Design by Johanes Djogan | Modified by | Google | Yahoo | Bing | RSS | Powered by Blogger -